Logo

Memasang Analisis Statistik pada Open Office

Jika kita pernah menggunakan MS Excel maka mungkin sudah pernah melakukan analisis statistik seperti regresi-korelasi dan caranya cukup mudah yaitu tinggal menyorot range yg dianalisis kemudian tinggal menentukan outputnya dimana.
Pada Open Office, secara default fungsi tsb belum ada, meskipun fungsi2 statistik (rumus2) sudah ada, tapi kurang praktis karena harus melakukan hitungan satu persatu. Lantas bagaimana dong....??
Untunglah kita bisa memasang fungsi/add-on statistik dengan cara yang mudah, dengan langkah2 sbb:

1. Donlot makro installer statistical functions dari : OOO statistic berupa zip file yg berisi help (odt) dan installer (ods)
Sumber : OOO Macros.

2. Buka Open Office, seting security makro ke medium atau low dg cara klik Tools > Options > OpenOffice.org > Security > Macro Security

3. Buka ods file dari zip file yg telah kita donlot, pilih Enable Macros, lalu klik Install pada sheet 1. Pilih saja default install yaitu memasang fungsi OOStat sbg top menu.

Setelah selesai proses instalasi tutup semua aplikasi Open Office

4. Buka kembali Open Office, maka menu baru (OOStat) akan terlihat, dan OO Spreadsheet (calc) sudah siap untuk difungsikan sbg mesin analisis statistik ( mungkin bisa menggantikan PSPP / SPSS )

5. Untuk uninstall fungsi OOStat, tinggal buka file ods installer hasil donlot tadi, lalu klik Uninstall

Selamat mencoba , semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi

Loading...

Face Reading